×
Cara Mengetahui Hosting yang Digunakan Website Orang Lain

Kamu mungkin pernah penasaran dengan hosting apa yang digunakan oleh website orang lain, mungkin juga website kompetitormu. Tentunya tidak mungkin kamu tanyakan langsung ke orangnya. Nah, kali ini saya akan memberitahukan cara mengetahui hosting yang digunakan website orang lain.


Kamu bisa mengetahui hosting yang digunakan, Alamat IP, Lokasi, CMS yang digunakan, dan juga Nameservernya dengan cara ini.

Manfaat Mengetahui Hosting Website Orang Lain

1. Bisa Tau Belinya di mana

Mengecek web hosting yang digunakan orang lain membuat kamu bisa tau mereka belinya di mana. 


Jika selama ini kamu melihat website tersebut loadingnya cepet dan jarang down, kamu juga jadi bisa ikutan beli di provider hosting tersebut.


2. Tau CMS yang Digunakan

Nggak cuma tau provider hostingnya, tapi juga CMS apa yang digunakan. Apakah mereka menggunakan WordPress, Joomla, Drupal, atau yang lainnya.


3. Bisa Lihat Paket Hosting yang Digunakan

Cara melihat hosting web orang lain ini juga dapat memberi tahu kamu, apakah mereka menggunakan shared hosting atau bukan. Untuk melihat paket hosting yang digunakan, kamu bisa pake cara kedua di artikel ini.


4. Tau Lokasi Servernya

Kamu juga bisa tau apakah hosting yang digunakan servernya di Indonesia atau di luar negeri


Cara Mengetahui Hosting yang Digunakan Website

#1 Cara Pertama

Cara mengetahui hosting web orang lain yang pertama kita akan gunakan website yang bernama Who is hosting this. Melalui website ini kita bisa mendapatkan data-data tentang hosting suatu domain

1. Kunjungi whoishostingthis.com.

2. Kemudian masukan nama domain website yang ingin kamu cek hostingnya di kolom yang sudah disediakan. Lalu klik “search”.

3. Jika muncul captcha, isi dulu sesuai petunjuk.

4. Biarkan hingga loading selesai.

5. Setelah itu akan muncul data seperti ini.

Seperti yang kamu lihat, di sini kamu langsung bisa mengetahui bahwa provider hosting yang digunakan adalah Digital Ocean.

Nameserver dan IP Address-nya juga bisa langsung ketahuan.


#2 Cara Kedua

Pada cara kedua ini, kita akan menggunakan sebuah tool dari Hostadvice.com. Data yang ditampilkan oleh website ini lebih lengkap dibanding yang pertama tadi.


1. Kunjungi Hostadvice.com/tools/whois.

2. Masukan alamat website yang ingin kamu cek hostingnya. Kemudian klik “temukan”.

3. Biarkan, tunggu hingga loading selesai.

4. Akan muncul data-data seperti di bawah ini.


Mulai dari provider hostingnya, alamat IP, lokasi server, nameserver, CMS yang digunakan, server web, dan bahasa pemrograman.

Jika website yang kamu cek menggunakan shared hosting, maka akan muncul info tambahan yaitu “Sites hosted on this ip”.

Dua tools di atas bisa digunakan untuk mengecek website dengan hosting Indonesia maupun luar negeri. Hasilnya juga bisa dibilang cukup akurat.


Ternyata gampang kan untuk melihat hosting yang digunakan oleh orang lain? Ada juga tools lainnya, tetapi menurut saya, dua tools di atas adalah yang paling mudah digunakan dan hasilnya juga akurat.