×
Mempersiapkan Informasi dan Aset Aplikasi untuk upload ke Google Play Store

Sebelum Anda dapat mengunggah aplikasi Anda ke Google Play Store, Anda harus mengumpulkan dan menyiapkan berbagai informasi dan aset media yang mewakili aplikasi Anda kepada calon pengguna. Ini adalah langkah penting, karena cantuman aplikasi Anda adalah kesan pertama yang akan dilihat pelanggan, dan hal ini dapat sangat memengaruhi tingkat pengunduhan dan keterlibatan.


Inilah yang harus Anda persiapkan sebelumnya:


Judul dan Deskripsi Aplikasi: Jaga agar judul aplikasi Anda tetap ringkas dan menarik. Deskripsi singkat juga sama pentingnya, karena memberikan gambaran singkat kepada pengguna tentang apa yang dilakukan aplikasi Anda. Deskripsi lengkap memungkinkan penjelasan yang lebih komprehensif dan dapat menyertakan kata kunci untuk pengoptimalan toko aplikasi (ASO) yang lebih baik.

Ikon aplikasi beresolusi tinggi: Ikon aplikasi Anda adalah salah satu hal pertama yang akan dilihat pengguna, jadi ikon tersebut harus menarik perhatian dan berkualitas tinggi. Google Play Store memerlukan grafik 512 x 512 piksel, dalam format PNG 32-bit dengan saluran alfa.


Grafik Fitur: Ini adalah grafik piksel 1024 wx 500 jam yang diperlukan yang akan ditampilkan di bagian atas daftar aplikasi Anda. Ini harus menangkap esensi aplikasi Anda dan menyampaikan proposisi nilainya secara sekilas.


Tangkapan Layar: Anda harus memberikan minimal dua (dan maksimal delapan) tangkapan layar aplikasi Anda yang sedang beraksi. Gambar-gambar ini harus dengan jelas menampilkan fitur dan fungsionalitas utama. Untuk aplikasi Android, ukuran yang diperlukan berbeda-beda bergantung pada jenis perangkat (ponsel, tablet, Android TV, dan Wear OS).


Video Promo (Opsional): Meskipun tidak wajib, video promo bisa menjadi aset bagus untuk menarik pengguna. Host video Anda di YouTube dan tempelkan URL di kolom video promo saat Anda mengupload listingan aplikasi Anda.


Pelokalan: Jika audiens target Anda tersebar di beberapa wilayah, pertimbangkan untuk menerjemahkan informasi aplikasi Anda ke berbagai bahasa untuk memaksimalkan jangkauan dan penerimaan pengguna.


Klasifikasi dan Kategori: Pilih kategori yang tepat agar aplikasi Anda muncul dalam penelusuran yang relevan. Anda juga harus memberi rating konten aplikasi Anda untuk audiens yang sesuai menggunakan sistem rating konten Google Play.


Detail kontak: Berikan informasi dukungan yang akurat, seperti alamat email, situs web, dan kebijakan privasi (jika Anda mengumpulkan data pengguna). Ini membangun kepercayaan dan juga dibutuhkan oleh Google Play Store.


Kebijakan Privasi: Kebijakan privasi bersifat wajib jika aplikasi Anda mengumpulkan data pengguna yang bersifat pribadi atau sensitif. Ini harus merinci data apa yang Anda kumpulkan, bagaimana Anda menggunakannya, dan tindakan yang Anda ambil untuk melindunginya.


Mempersiapkan aset ini dengan benar akan membantu keberhasilan pengiriman dan berkontribusi pada kemampuan aplikasi Anda untuk ditemukan dan menarik. Asetnya harus terlihat profesional dan halus. Di sinilah keunggulan platform seperti AppMaster dapat diterapkan dengan memastikan bahwa elemen desain aplikasi Anda seperti ikon dan tangkapan layar memenuhi tren dan standar estetika saat ini.

Luangkan waktu untuk meninjau setiap elemen dengan cermat, karena visual dan deskripsi yang menarik dapat memengaruhi keputusan pengguna untuk menginstal aplikasi Anda secara signifikan. Selain materi ini, pastikan biner aplikasi Anda sudah siap — hal ini biasanya melibatkan kompilasi file APK atau App Bundle, yang dapat dihasilkan oleh platform seperti AppMaster bersama dengan metadata yang diperlukan.