×

MENGHAPUS PRODUK

Menghapus ProdukMenghapus produk akan menghapus produk dari database.CATATAN: Penghapusan ini tidak akan berfungsi jika produk memiliki beberapa transaksi yang terkait dengannya. Transaksi dapat berupa Pembukaan Saham, Pembelian, Penjualan atau transfer saham produk. Ini akan menunjukkan beberapa kesalahan seperti:Produk tidak dapat dihapus karena pembelian yang terkait dengan produk ini adaBeberapa produk tidak...

CARA MELAKUKAN PENGATURAN CABANG BISNIS

BE Pos hadir sebagai software kasir online multi cabang berbasis cloud ERP untuk segala jenis usaha. Anda dapat melakukan berbagai pengaturan ke dalam masing-masing cabang bisnis Anda.Cabang bisnis default akan disetel dalam informasi bisnis yang pertama kali Anda daftarkan. Anda dapat menetapkan beberapa pengaturan pada setiap cabang bisnis yang Anda...

VARIAN PRODUK

Varian pproduk dapat ditambahkan dengan klik Produk -> Varian.Varian produk ini digunakan dalam produk produk variabel.Contoh produk “Celana” dapat memiliki beberapa ukuran, jadi tambahkan varian yang disebut “Ukuran” dan berikan nilai varian sesuai ukuran yang Anda miliki. Seperti yang diberikan pada gambar di bawah ini.

PRODUK UNGGULAN DI LAYAR POINT OF SALE (POS)

Menambahkan produk unggulan membantu Anda dengan cepat mengakses beberapa produk yang sering atau paling sering dijual.Untuk menambahkan produk unggulan ikuti langkah-langkah berikut:Buka Pengaturan -> Lokasi Bisnis.Tambahkan/Edit lokasi bisnis apa punDi layar tambah/edit Anda dapat memilih beberapa produk yang dapat ditampilkan di pos untuk lokasi ini. Pilih produk unggulan di tambah/edit lokasi...

RIWAYAT STOK PRODUK

Masuk ke Daftar Produk > ProdukKlik Tindakan > Riwayat stok produk

MENGGUNAKAN FITUR AGEN KOMISI

Agen Komisi berguna untuk banyak bisnis. Bisnis membayar komisi agen penjualan / agen komisi pada setiap penjualan yang mereka bawa.Mengaktifkan & memilih jenis agen komisi:Secara default Agen Komisi Dinonaktifkan. Anda dapat mengaktifkannya dari Pengaturan -> Pengaturan Bisnis -> Penjualan. drop-down Agen Komisi Penjualan.Anda akan melihat 3 jenis yang berbeda:Pengguna yang Masuk: Jika...

MANAJEMEN WEWENANG HAK AKSES PENGGUNA

Menambahkan WewenangSetiap bisnis baru dilengkapi dengan beberapa peran default – Admin &Kasir.Admin memiliki semua izin dalam aplikasi.Kasir hanya memiliki izin untuk bagian POS.Anda dapat membuat peran dengan mengklik tombol Tambahkan -> Memberikan nama peran dan kemudian memilih izin yang sesuai untuk peran itu.Terkadang Anda mungkin perlu memberi pengguna akses ke...

GRUP PELANGGAN

Grup Pelanggan:Dengan Grup pelanggan, Anda dapat mengklasifikasikan pelanggan sebagai Pelanggan Ritel, Pelanggan Distributor, Teman, Kolega, dan apa pun yang Ingin Anda sukai.1. Untuk menambahkan “Grup Pelanggan” buka Kontak -> Grup Pelanggan &Klik tombol “Tambahkan”.2. Ini akan menampilkan popup yang meminta nama grup pelanggan &Persentase Perhitungan.Persentase perhitungan digunakan untuk menghitung harga jual.Contoh:–...

MENGATUR SKEMA FAKTUR

Dengan BE pos Anda dapat mengonfigurasi format untuk nomor faktur Anda.Untuk mengonfigurasi, buka Pengaturan -> Pengaturan FakturKlik Tambah dan pilih format skema.Formatnya bisa XXXX atau <tahun>-XXXXAnda juga dapat memberikan awalan khusus, nomor awal faktur, jumlah digit dalam nomor faktur.Kotak pratinjau akan menampilkan pratinjau sesuai dengan opsi yang dipilih.Anda perlu menetapkan skema faktur default...

SALDO AWAL DI APLIKASI BE POS

Saldo AwalSaldo Awal (kepada pelanggan) adalah jumlah dari jumlah yang harus dibayar pelanggan untuk bisnis.Saldo Awal (untuk pemasok) adalah jumlah dari jumlah yang harus dibayar bisnis untuk pemasok.Menambahkan saldo awalUntuk menambahkan saldo pembuka, Buka Kontak>Pelanggan/Pemasok. Pilih tombol tambahkan atau klik edit untuk pengguna yang sudah ada. Di sana Anda dapat...

MENAMBAHKAN BIAYA, MENAMBAHKAN BIAYA UNTUK KARYAWAN ATAU PELANGGAN ATAU PEMASOK

BE pos memungkinkan Anda untuk menambahkan pengeluaran untuk seorang karyawan. Pengeluaran tersebut dapat berupa Gaji, Bonus, Tunjangan, pengeluaran perjalanan atau lainnya.– Cukup buat kategori untuk pengeluaran yang Anda tambahkan. Menambahkan kategori yang relevan membantu Anda mengklasifikasikan pengeluaran dan menganalisisnya.– Buka Tambah Pengeluaran, isi detailnya, pilih kategori yang relevan dan pilih pengeluaran...

MENAMBAHKAN SALDO AWAL PEMBUKAAN & PEMBAYARAN

Membuka saldo awal:Saldo awal adalah saldo (pelanggan atau pemasok) yang dimiliki pada awal penggunaan perangkat lunak.Misalkan Anda mengalihkan data dari perangkat lunak lain ke BE pos maka saldo awal kontak adalah jumlah saldo yang harus dibayar / diterima / dari Anda oleh kontak.Saldo awal untuk pelanggan = Jumlah yang harus...

KATEGORI PRODUK

Mengkategorikan produk membantu Anda mengelola dan memfilter produk dengan mudah dalam laporan.Menambahkan Kategori &Sub-KategoriKik Produk -> Kategori -> TambahTambahkan nama kategori, kode kategori (kode HSN)Jika kategori adalah sub-kategori pilih “Tambahkan sebagai sub taksonomi” dan pilih kategori induk. 

NOMOR LOT

Mengaktifkan Nomor LotUntuk mengaktifkan nomor lot, Pengaturan -> Pengaturan Bisnis -> PembelianCentang kotak Aktifkan nomor Lot dan perbarui pengaturan.Menambahkan nomor Lot dari PembelianJika nomor lot diaktifkan seperti yang dijelaskan di atas maka ketika menambahkan stok pembelian itu akan menampilkan bidang nomor lot untuk memasukkan nomor lot.Menambahkan nomor lot dari menambahkan stok...

MANAJEMEN KONTAK (PEMASOK & PELANGGAN)

Setiap kontak dapat menjadi pemasok, Pelanggan atau Keduanya (Pemasok &Pelanggan)Menambahkan Pemasok & Pelanggan Kontak -> pemasok atau pelangganKlik tambahkan kontak baru. Pilih jenis kontak – Pemasok/Pelanggan/KeduanyaBerdasarkan jenis kontak yang dipilih – ini akan menampilkan bidang yang relevan. Isi detail yang relevan.Klik tombol Informasi Lebih Lanjut untuk melihat bidang lainnya.Ketentuan Pembayaran: Ini akan...