×

BE Pos hadir sebagai software kasir online multi cabang berbasis cloud ERP untuk segala jenis usaha. Anda dapat melakukan berbagai pengaturan ke dalam masing-masing cabang bisnis Anda.

Cabang bisnis default akan disetel dalam informasi bisnis yang pertama kali Anda daftarkan. Anda dapat menetapkan beberapa pengaturan pada setiap cabang bisnis yang Anda miliki.

Klik Pengaturan > Cabang Bisnis maka Anda dapat mengakses semua cabang bisnis Anda, klik Edit untuk melakukan perubahan data dan klik Pengaturan untuk menetapkan pengaturan pada cabang bisnis Anda.

Skema Faktur: Sebelum Anda membuat cabang bisnis baru, Anda dapat menentukan skema faktur baru atau Anda dapat menggunakan skema faktur yang ada. Tetapi memiliki skema faktur yang berbeda untuk cabang bisnis yang berbeda dapat membantu Anda mengidentifikasi masing-masing cabang bisnis yang Anda miliki dalam setiap laporan yang dihasilkan.

Tata Letak Faktur: Jika Anda ingin memiliki desain tata letak faktur yang berbeda untuk cabang bisnis yang berbeda maka Anda harus membuat tata letak faktur sebelum menambahkan cabang bisnis baru.

Kelompok Harga Jual Default: Anda dapat menentukan Kelompok Harga Jual untuk memberikan kelompok harga yang berbeda untuk jenis konsumen yang berbeda. Misalnya untuk agen, resseler, maupun layanan pihak ketiga seperti harga GoFood, Shopee, COD, dll. Jika Anda belum membuat kelompok harga jual, maka bisa memilih “Kelompok Harga Jual Defaut” yang merupakan standar untuk penjualan.

Metode Pembayaran: Jika Anda memiliki beberapa metode pembayaran, maka Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan metode pembayaran serta mengatur metode pembayaran default ke akun pembayaran yang berbeda.

Anda selalu dapat mengubah Skema Faktur & Tata Letak Faktur untuk cabang bisnis Anda kapan saja.

  1. Untuk membuat cabang bisnis baru, Klik Pengaturan -> Cabang Bisnis > Tambah.
  2. Isi detail informasi cabang bisnis yang ingin Anda tambahkan.
  3. Pilih Skema Faktur & Tata Letak Faktur.

– Saat pengguna memiliki akses ke beberapa cabang bisnis, maka harus memilih cabang bisnis saat akan menambahkan pembelian atau penjualan.

–  Manajemen Stok dan Transaksi dikelola secara terpisah untuk setiap cabang bisnis yang Anda miliki, sehingga Anda dapat dengan mudah melacak dan menganalisis masing-masing bisnis maupun secara keseluruhan.

Menonaktifkan Cabang Bisnis: Untuk menonaktifkan lokasi bisnis, klik tombol Nonaktifkan Cabang Bisnis yang ada di Daftar Cabang Bisnis.

CATATAN:

  • Setelah cabang bisnis dinonaktifkan, setiap pengguna yang ditugaskan ke cabang bisnis tersebut harus ditetapkan ke cabang bisnis yang aktif.
  • Anda wajib memiliki 1 cabang bisnis yang aktif. Jika semua cabang  bisnis dinonaktifkan maka akan muncul error.