×
Mengenal Level Domain  -  Tip Dunia Website

Domain adalah nama dari suatu website. Domain nantinya akan menuntun kita kepada hosting tempat website kita berada. Belum tahu perbedaan Domain, Hosting, Website dan SSL? Yuk baca dulu Apa itu Domain. Namun tahukah anda, ternyata ada beberapa level yang membangun terbentuknya suatu domain lho! Domain yang kita ketahui ternyata memiliki 3 level. Bagian belakang, bagian tengah, dan bagian depan. Adapun level domain terbagi menjadi Top Level Domain, Second Level Domain, Third Level Domain. Untuk anda yang belum memiliki domain atau yang ingin menambah domain, bisa langsung cek domain murah Indonesia.  Anda juga bisa mambaca Tips Memilih Nama Domain Untuk Pemula. Oiya, ketika anda melakukan transfer domain atau apapun yang berkaitan dengan pergantian/ perpindahan domain akan ada masa propagasi domain.


Top Level Domain

Top Level Domain adalah kata yang berada paling kanan dari suatu domain alias bagian belakang dari domain. Misalnya, www.beitsolution.com. Maka .com inilah yang menjadi Top Level Domain. Terdapat banyak jenis Top Level Domain (TLD) yang dapat anda gunakan seperti .com, .net, .edu, .org, .gov dan masih banyak lainnya. Terdapat 2 macam Top Level Domain yaitu,

1. Generic Top Level Domain (gTLD)

gTLD adalah salah satu TLD yang sifatnya general. Adapun yang termasuk gTLD adalah .com, .edu, .gov, .int , .mil, .org, .net.

2. Country code Top Level Domain (ccTLD)

ccTLD adalah TLD yang didasarkan pada kode negara. Misalnya Indonesia menggunakan .id, Amerika Serikat menggunakan .us, Singapura menggunakan .sg dan sebagainya.


Untuk lebih jelas mengenai apa saja yang termasuk dalam Generic Top Level Domain dan Country code Top Level Domain, anda dapat membacanya di Panduan Memilih Ekstensi Domain.


Second Level Domain

Second Level Domain ini merupakan nama domain yang anda daftarkan. Misalnya www.beitsolution.com. Nah, betsolution inilah yang termasuk Second Level Domain.

Third Level Domain

Third Level Domain adalah kata yang ada di sebelah kiri dari Second Level Domain. Misalnya www.blog.beitsolution.com. Kata blog inilah yang merupakan Third Level Domain. Terkadang, masyarakat menyebut Third Level Domain ini dengan sebutan subdomain. Untuk membuat subdomain